Tanggal 10 – 13 Juli 2014 lalu, Seleksi Tahap II Pencerah Nusantara telah dilaksanakan, mengambil tempat di Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs di Jalan Teuku Umar, Menteng. Peserta seleksi merupakan kandidat yang sudah lolos Seleksi Tahap I, tahap pendaftaran online yang menilai latar belakang pendidikan, pengalaman berorganisasi, pengetahuan mengenai situasi kesehatan di Indonesia, dan yang paling penting, motivasi kandidat untuk menjadi seorang Pencerah Nusantara.

Dengan jumlah pendaftar terbesar, tahun ini peserta Seleksi Tahap II datang dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh, Padang, Bandung, DKI Jakarta, Surabaya, Makassar, Palu, hingga Papua. Pelaksanaan seleksi yang bertepatan di tengah bulan puasa tidak menyurutkan semangat dan antusiasme peserta dalam mengikuti seleksi selama satu hari penuh. Setiap peserta melewati tiga tahapan proses seleksi yaitu Psikotes, Diskusi Kelompok Terarah, dan Wawancara Panel. Ketiga tahapan ini bertujuan untuk menggali kemampuan dan karakter dari para kandidat terpilih yang belum terbaca di Seleksi Tahap I.

Dalam pelaksanaan Seleksi tahun ini, KUKP-RI MDGs dibantu oleh Fakultas Psikologi Universitas Indonesia sebagai mitra professional yang akan memberikan assessment psikologis para kandidat. Untuk membantu memberikan sudut pandang dan memperkaya pendapat dalam menilai kandidat berdasarkan keahliannya, wawancara panel tahun ini juga turut mengundang para pakar diantaranya: Wicaksono Sarosa (Direktur Eksekutif Kemitraan), Vivid Argarini (motivator anak muda), dr. Sophia Hage (co-founder @SelamatkanIbu), David Freddynanto (Kepala program Daya dari BTPN), Henny Supolo (Ketua Yayasan Cahaya Guru), Kodrat Pramudho (Waka Organisasi dan Hukum Kwartir Nasional Pramuka), Emi Nurjasmi (Ketua Ikatan Bidan Indonesia), dr. Herqutanto (Ketua Dept. Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI-RSCM), perwakilan dari Persatuan Gizi Indonesia (PERSAGI) dan Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Seleksi Tahap II ini merupakan tahap terakhir yang akan dilewati kandidat, sebelum dipilih untuk menjadi Pencerah Nusantara. Tim Seleksi akan mengkaji performa, kepribadian, dan potensi setiap peserta Seleksi dengan komprehensif, sebelum akhirnya mengumumkan secara resmi Pencerah Nusantara Angkatan Ketiga.

Untuk para kandidat, kami ucapkan terima kasih untuk partisipasinya, dan semoga sukses!

Galeri foto proses seleksi pencerah nusantara dapat dilihat pada tautan berikut : Seleksi Pencerah Nusantara