Apakah Pencerah Nusantara itu ?

Program Pencerah Nusantara adalah terobosan yang diinisiasi oleh Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals (KUKP-RI MDGs) yang bertujuan memperkuat pelayanan kesehatan primer melalui penempatan generasi muda di daerah perifer di Indonesia.

Pencerah Nusantara terdiri dari sekelompok tim kesehatan terpilih dan terlatih (dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan dan pemerhati kesehatan dari berbagai latar belakang akademis) yang bersedia mengabdikan diri selama 1 tahun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di pelosok Indonesia. Tim ini akan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan secara lintas sektor untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi program. Tim Pencerah Nusantara diharapkan dapat menjadi agen perubahan di daerah penugasan mereka masing masing dalam memperbaiki profil kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini Pencerah Nusantara sudah memasuki angkatan ke-2 yang ditempatkan di 7 lokasi terluar di Indonesia, yaitu: Mentawai (Sumatera Barat), Karawang (Jawa Barat), Tosari (Jawa Timur), Berau (Kalimantan Timur), Ogotua dan Lindu (Sulawesi Tengah), dan Ende (NTT).

Pendaftaran Pencerah Nusantara angkatan 3, telah dibuka mulai tanggal 1 Mei - 30 Juni 2014

Tunjukkan Baktimu Mulai Aksimu, Jadilah Pencerah Nusantara.

Informasi lebih lengkap tentang Pencerah Nusantara dapat diakses di www.pencerahnusantara.org dan Twitter @pencerahnusa.