Tahukah Anda, ada seorang ibu yang berjuang selama belasan jam di kapal untuk melahirkan anak kembarnya di Kepulauan Mentawai?

Sadarkah Anda, air yang kita pakai sehari-hari untuk minum, mandi dan mencuci masih sangat langka bagi masyarakat pinggir pantai di Karawang, Jawa Barat?

Maukah Anda terjun langsung ke lapangan dan membantu masyarakat kita yang masih kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan primert tersebut?

Kami ingin memanggil para pemuda-pemudi Indonesia untuk bergabung sebagai “Pencerah Nusantara” – sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Millenium Development Goals (KUKPRI MDGs) untuk memperbaiki pelayanan kesehatan primer bagi masyarakat di tempat-tempat terluar di Indonesia.

Saat ini Pencerah Nusantara telah memasuki angkatan ke-3 dan kami ingin memanggil para pemuda pemudi Indonesia dengan latar belakang kesehatan (dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, farmasi, epidemologi) dan non-kesehatan (psikologi, sosial, bahasa, sains, dan lain-lain) untuk mendaftarkan diri dan melakukan perubahan selama satu tahu di tengah-tengah masyarakat.

Daerah pengabdian yang sudah berlangsung selama 1,5 tahun terakhir berada di Mentawai (Sumbar), Karawang (Jabar), Berau (Kalbar), Tosari (Jatim), Ogotua dan Lindu (Sulteng), dan Ende (NTT). Namun, berkat permintaan dari berbagai daerah lain yang masih membutuhkan peningkatan pelayanan kesehatan primer; lokasi Pencerah Nusantara angkatan 3 akan ditambahkan di beberapa tempat sampai di Papua.

Telah banyak terukir kisah inspiratif dan pengalaman tak terlupakan seumur hidup yang dialami oleh 66 Pencerah Nusantara angkatan 1 dan 2 yang sudah melakukan perubahan di dalam masyarakat. Kami harap, Anda menjadi salah satu Pencerah Nusantara berikutnya yang siap mengabdi dan mendapatkan pengalaman yang sama seperti mereka.

Pendaftaran dibuka selama kurun waktu 8 minggu, sejak 1 Mei - 30 Juni 2014. Kami percaya, masih banyak pemuda pemudi yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan maupun non-kesehatanyang berminat dan ingin berkontribusi langsung untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Pencerah Nusantara bisa dilihat di:

Website : www.pencerahnusantara.org

Facebook : Pencerah Nusantara

Twitter : @PencerahNusa

atau silahkan menghubungi kami di pencerahnusantara@gmail.com /021-31901268.