Sejarah Pencerah Nusantara Menuju Indonesia Yang Lebih Sejahtera



Gerakan Pencerah Nusantara digagas oleh Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals (KUKP-RI MDGs) yang diawali dengan program Indonesia MDG Awards 2011 (IMA 2011). Perjalanan MDGs telah memasuki tahun ke-dua belas, dan waktu yang tersisa hanya kurang dari empat tahun lagi menjelang tahun 2015, upaya-upaya yang diarahkan untuk mempercepat pencapaian target-target MDGs merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar. Kami percaya bahwa sangat banyak pihak telah bekerja keras dalam menjalankan praktek-praktek cerdas guna mencapai target MDGs.

Dalam penjaringan peserta IMA 2011, begitu banyak kami temukan bintang-bintang di akar rumput yang bekerja sepenuh hati memperbaiki lingkungannya dan mengajak para pihak untuk berinovasi dan berkolaborasi membawa perubahan yang lebih cepat. Kami mengundang bintang-bintang tersebut pada tanggal 31 Januri - 1 Februari 2012 dalam Festival MDGs Nasional dan kami beri nama Pencerah Nusantara.

IMA 2011 adalah suatu bagian dari perubahan besar menuju Indonesia yang lebih sejahtera melalui suatu program model intervensi kesehatan terintegratif

Mengambil nama yang sama, Program Pencerah Nusantara merupakan program untuk melakukan optimalisasi layanan kesehatan primer di Indonesia yang bersifat lintas sektoral. Kami mengajak tenaga kesehatan, masyarakat/relawan, pemerintah, sektor swasta, lembaga swadaya masyarakat dan pemuda untuk bersama-sama memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer di Indonesia dengan didukung jaringan IT. Semua yang terlibat di dalamnya adalah bagian dari gerakan Pencerah Nusantara.

Saat ini kami mencari tim tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter umum, perawat, bidan dan pemerhati kesehatan/relawan lokal yang bersedia ditempatkan di suatu daerah, selama 1 tahun, untuk bergabung bersama menciptakan suatu perubahan besar dan menjadi bagian dari sejarah menuju Indonesia yang lebih sejahtera.