Mitra Pencerah Nusantara

"Kemitraan lintas sektor merupakan salah satu aspek terpenting dalam keberlangsungan gerakan Pencerah Nusantara. Kami menyadari bahwa kesehatan bangsa merupakan tanggung jawab yang harus dipikul bersama, sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing"

Organisasi Profesi dan Lembaga Pendidikan


IDI (Ikatan Dokter Indonesia) IDI adalah satu-satunya organisasi profesi kedokteran yang menghimpun para dokter Indonesia, bersifat bebas, tidak mencari keuntungan, dijiwai oleh Sumpah Dokter Indonesia serta mematuhi Kode Etik Kedokteran Indonesia. Didirikan di Jakarta pada tanggal 24 Oktober 1950, IDI bertujuan untuk: meningkatkan derajat kesehatan rakyat Indonesia, mengembangkan ilmu kesehatan serta IPTEK kedokteran, dan membina serta mengembangkan kemampuan profesi anggota. Saat ini organisasi IDI telah berkembang dengan pesat, yang tampak pada makin luasnya upaya organisasi serta makin besarnya jumlah anggota. Peran dan kedudukan IDI dalam pengembangan kebijaksanaan nasional makin diakui, demikian pula kegiatan kegiatannya makin dirasakan manfaatnya baik oleh pemerintah, masyarakat umum maupun profesi kedokteran sendiri.

Bertujuan meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia, IDI memiliki visi yang sama dengan KUKP-RI MDGs. Dalam kegiatan terkait medis, IDI menjadi pengawas dan penasehat KUKP-RI MDGs dalam pelaksanaan program Pencerah Nusantara.

http://www.idionline.org/


PDUI (Perhimpunan Dokter Umum Indonesia) Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) merupakan suborganisasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang merupakan organisasi profesi dokter yang diakui oleh undang-undang. Misi dari PDUI adalah mengembalikan kewenangan dokter umum, memperkuat kompetensi dokter umum, dan mendorong terlaksananya sistem pelayanan kedokteran terpadu yang terstruktur dan berjenjang.

PDUI memiliki visi yang sejalan dengan KUKP-RI MDGs dalam penyelenggaraan program Pencerah Nusantara. Visi itu adalah revitalisasi pelayanan kesehatan primer sebagai ujung tombak sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Dalam penyusunan dan pelaksanaan program Pencerah Nusantara, PDUI memberikan saran profesionalnya dalam peran seorang dokter umum sebagai panduan untuk KUKP-RI MDGs.

http://www.pdui.or.id/


IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) IDAI adalah organisasi yang mewadahi Dokter Spesialis Anak di Indonesia. IDAI bertujuan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan anak Indonesia dan pengembangan ilmu kesehatan anak.

IDAI memiliki banyak ahli untuk menangani pengurangan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Dalam program Pencerah Nusantara, IDAI menjadi salah satu narasumber media promosi kesehatan untuk diakreditasi. Dengan jangkauan anggota yang luas dari Sabang sampai Merauke, banyak anggota IDAI yang dapat diutilisasi untuk mendukung gerakan MDGs.

http://idai.or.id/


POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) POGI didirikan pada tanggal 5 Juli 1954 di Jakarta sebagai pengamalan profesi kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatan perempuan Indonesia. Taraf kesehatan perempuan Indonesia masih memprihatinkan seperti tercermin dari tingginya angka kesakitan dan angka kematian ibu maupun perinatal. Disadari bahwa kesehatan perempuan merupakan kondisi yang mutlak harus diperhatikan, karena dari perempuan yang sehat akan lahir generasi mendatang yang sehat sehingga mampu menjadi tumpuan harapan bangsa Indonesia untuk bersaing di antara bangsa di dunia terutama dalam era globalisasi.

Dalam sosialisasi rekrutment dan pelaksanaan program Pencerah Nusantara, POGI memberikan saran profesionalnya sebagai panduan untuk KUKP-RI MDGs.

http://www.pogi.or.id/pogi/


PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) merupakan satu-satunya organisasi profesi yang menghimpun dokter gigi di indonesia yang didirikan di Bandung pada tanggal 22 Januari 1950. PDGI memiliki visi untuk menjadi organisasi yang terpandang secara nsional, regional dan global yang mengarahkan dan mengayomi seluruh dokter gigi, demi tercapainya profesionalisme yang kompetitif .

http://pdgi.or.id/


IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) merupakan organisasi profesi bidan di Indonesia. Wadah para Bidan dalam mencapai tujuan melalui kebijakan peningkatan profesionalisme anggota guna menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan berkualitas. Sesuai visi IBI adalah untuk mewujudkan bidan profesional berstandar global, IBI adalah mitra penting KUKPRI MDGs dalam penyelenggaraan pelayanan berkualitas kepada Ibu dan Anak.

http://www.bidanindonesia.org/


PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Sejak berdiri pada tanggal 17 Maret 1974, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) telah tumbuh menjadi organisasi yang mandiri. PPNI saat ini berproses pada kematangan organisasi dan mempersiapkan anggotanya dalam berperan nyata pada masyarakat dengan memperkecil kesenjangan dalam pelayanan kesehatan, mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan, serta mendapatkan kesamaan pelayanan yang berkualitas (closing the gap; increasing acces and equity). dan selanjutnya PPNI bersama anggotanya akan bersama mengkawal profesi keperawatan Indonesia pada arah yang benar, sehingga profesi keperawatan dapat mandiri dan bermartabat dan bersaing secara nasional dan international.

http://inna-ppni.or.id/


Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Apoteker Indonesia merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang dianugerahi bekal ilmu pengatahuan dan teknologi serta keahlian kefarmasian yang dapat diamanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemanusiaan, bagi peningkatkan kesejahteraan rakyat, bagi pengembangan pribadi Warga Negara Republik Indonesia, untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia mempunyai fungsi sebagai wadah berhimpun pada Apoteker Indonesia, menampung, memadukan, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi Apoteker Indonesia, membina para anggota dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan profesi farmasi dan IPTEK kefarmasian.

Sejalan dengan salah satu tugas pokoknya untuk meningkatkan mutu pelayanan anggota kepada kemanusian dan masyarakat luas, Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia membantu Pencerah Nusantara dalam menyebarkan

http://www.ikatanapotekerindonesia.net/


HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) Sebagai organisasi profesi, Himpsi merupakan wadah berhimpunnya profesional Psikologi (Sarjana Psikologi, Magister Psikologi, Doktor Psikologi dan Psikolog). Himpsi membantu Pencerah Nusantara dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya dalam bidang kesehatan psikologis di pelayanan kesehatan primer. Melalui Pencerah Nusantara diharaokan akan muncul calon-calon pemimpin terbaik di kalangan komunitas psikologi untuk menghadapi tantangan kesehatan Indonesia di masa depan.

http://himpsi.or.id/


Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Para tenaga ahli di bidang gizi berkeyakinan bahwa perbaikan gizi merupakan salah satu unsur penting dalam mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia. Tekad yang bulat untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran demi tercapainya kehidupan rakyat yang sehat, disatukan dalam satu wadah organisasi profesi Nutrisionis-Dietisien yang disebut Persatuan Ahli Gizi Indonesia atau disingkat PERSAGI.

Organisasi profesi ini didirikan pada tanggal 13 Januari 1957 dengan nama semula Persatuan Ahli Nutrisionis Indonesia yang disempurnakan pada tanggal 26 Mei 1960 dan kemudian pada tanggal 20 Juli 1965 dan terakhir tanggal 19 Nopember 1989 menjadi Persatuan Ahli Gizi Indonesia. Dewan Pimpinan Pusat organisasi profesi Persatuan Ahli Gizi Indonesia ini berkedudukan di Jakarta dan terdaftar di Departemen Kesehatan Republik Indonesia sebagai organisasi profesi dengan nomor daftar 00091007.

http://www.persagi.org/


Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Sebagai fakultas Kedokteran tertua di Indonesia, Fakultas Kedokteran UI memiliki visi tinggi menjadi pusat unggulan riset dan pendidikan kedokteran di Asia Pasifik. Di bawah kepemimpinan Dekan Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM, FK-UI memperjuangkan kinerja yang terbaik untuk pencapaian prestasi nasional dan internasional.

FK-UI adalah mitra dalam pelatihan kompetensi medis Pencerah Nusantara, menjadi narasumber dan pelaksana dalam pelatihan-pelatihan terkait medis.

http://fk.ui.ac.id/


Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI) Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 26 Tahun 1965 tanggal 26 Februari 1965, diputuskan bahwa Fakultas Kesehatan Masyarakat dibentuk di bawah naungan Universitas Indonesia. Kemudian melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 153 Tahun 1965, ditetapkan tanggal berdirinya FKM UI yaitu pada tanggal  1 Juli 1965.

Sesuai dengan tuntutan zaman dan perubahan yang tidak bisa dihindari,  dengan menyandang predikat sebagai fakultas tertua dalam bidang kesehatan masyarakat, FKM UI terus melakukan perbaikan dan mengevaluasi diri agar tetap menjadi yang terdepan dalam ilmu kesehatan masyarakat dan berkomitmen mendukung Pencerah Nusantara berpartisipasi aktif dalam membangun kemampuan dan upaya masyarakat untuk menyelesaikan berbagai masalah kesehatan.

http://www.fkm.ui.ac.id/


Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Sesuai SK Menteri Pendidikan, Pengadjaran & Kebudayaan Republik Indonesia No. 108049/U.U. dinyatakan bahwa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dimulai tanggal 1 Djuli 1960. Dengan demikian, tahun 1960 merupakan tahun kelahiran Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, dengan Dekan pertamanya Prof. Dr. Slamet Iman Santoso.

Visi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia adalah menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, pengembangan, dan penerapan Psikologi. Fakultas Psikologi adalah mitra dalam proses rekrutmen dan seleksi Pencerah Nusantara, memberikan keahliannya dalam pelaksanaan rangkaian direct assessment, serta memberikan rekomendasi dalam pemilihan tim Pencerah Nusantara.

http://www.psikologi.ui.ac.id/




Korporasi


PT. Indofood PT. Indofood memiliki kesamaan visi dan misi dengan KUKPRI MDGs yaitu ingin menciptakan kehidupan yang lebih baik melalui pemberian nutrisi pada masyarakat. Melalui kerjasama ini, Indofood dan KUKPRI MDGs akan berupaya meningkatkan perbaikan gizi kepada masyarakat terutama di wilayah penugasan Pencerah Nusantara di lapangan. Hal ini, diharapkan dapat meningkatkan gizi dan menurunkan angka kematian ibu dan anak.

http://www.indofood.com/


GE Healthcare Indonesia GE telah hadir di Indonesia sejak tahun 1940 sampai hari ini dengan berbagai bidang usahanya yang melayani sektor energi, air, transportasi darat maupun udara, kesehatan dan jasa finansial. GE adalah perusahaan global di bidang infrastruktur, keuangan, dan media yang memenuhi kebutuhan penting dunia.

Pencerah Nusantara akan ditempatkan ke pusat layanan kesehatan primer di lokasi penempatan yang telah ditentukan. GE Healthcare akan memberi bantuan berupa sarana kesehatan untuk setiap tim, dan memberikan pelatihan untuk penggunaan peralatan tersebut.

http://www.ge.com/id/in/


PT. Nestle Indonesia PT. Nestle Indonesia adalah bagian Nestle global yang berkecimpung di bidang nutrisi dan kesehatan. Melalui program CSR-nya, Nestle bermitra dengan KUKP-RI MDGs untuk mendukung program terutama yang terkait perbaikan nutrisi untuk meningkatan kesehatan Ibu dan Anak.

http://www.nestle.co.id/ina


Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) BTPN atau Bank Tabungan Pensiunan Negara merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang Perbankan,yang berdiri sejak 1958,dan berkantor pusat di Jakarta (sebelumnya di Bandung). Bank ini berstatus Bank Non Devisa. Bank BTPN memiliki aktivitas pelayanan operasional kepada Nasabah, baik simpanan maupun pinjaman. Namun aktivitas utama Bank BTPN adalah tetap mengkhususkan kepada pelayanan bagi para pensiunan dan pegawai aktif, karena target market Bank BTPN adalah para pensiunan.

BTPN bermitra dengan KUKPRI MDGs untuk mendukung program Pencerah Nusantara melalui fasilitasi training terkait usaha mikro menengah dan manajemen keuangan rumah tangga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah terpencil Indonesia terutama dalam pemberdayaan ekonomi mikro dan pengelolaan keuangan keluarga.

http://www.btpn.com/


Coca-Cola Indonesia Coca-Cola pertama kali hadir di Indonesia sekitar tahun 1927, ketika Netherland Indische Mineral Water Fabrieck (Pabrik Air Mineral Hindia Belanda) melakukan proses pembotolan untuk pertama kalinya di Batavia (Jakarta). Pada tahun 1971, dengan pertambahan mitra usaha dan modal didirikannya pabrik pembotolan modern pertama di Indonesia dengan nama baru PT. The Jaya Beverages Bottling Company. Tercatat sampai saat ini 11 pabrik Coca-Cola yang beroperasi di berbagai provinsi di Indonesia.

Coca-Cola memiliki visi yang sama dengan KUKPRI MDGs terutama dalam meningkatkan layanan air bersih di masyarakat pedalaman Indonesia. Melalui kemitraan dengan KUKPRI MDGs, CocaCola memberikan dukungan berupa sosialisasi dan pelatihan tentang air bersih serta pemberdayaan masyarakat dalam hal pembuatan alat filterisasi serta penyulingan sederhana. Komitmen CocaCola sudah berjalan di dua lokasi Pencerah Nusantara yaitu di Karawang dan Kepulauan Ende.

http://www.coca-ola.co.id/pages/landing/index.html




Komunitas, Organisasi Masyarakat Sipil, Filantropis dan Kelompok Pemuda


CCPHI (Company-Community Partnerships for Health in Indonesia) CCPHI adalah organisasi yang memfasilitasi kemitraan antara perusahaan, LSM, pemerintah daerah, serta komunitas-komunitas di Indonesia untuk membangun masyarakat yang sehat dan berkesinambungan. Dalam menjalankan kegiatannya, CCPHI mengembangkan tools dan informasi yang bisa membangun kepercayaan, pengetahuan dan ketrampilan dalam kemitraan.

KUKP-RI dan CCPHI mempunyai misi yang sama yaitu meningkatkan akses terhadap sumber daya kesehatan yang bekesinambungan, terutama bagi perempuan dan anak. CCPHI bersama KUKP-RI akan membuat pemetaan program kemitraan antar organisasi di Indonesia yang berkontribusi pada percpatan pencapain Tujuan Pembangunan Milenium 2015. www. ccphi.org

http://www.ccphi.org/


CIPG (Center for Innovation, Policy, and Governance) Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG) merupakan sebuah organisasi riset yang bercita-cita untuk menjadi organisasi yang unggul di bidang sains, teknologi, inovasi, dan tata pemerintahan. CIPG awalnya muncul dari kelompok pelajar mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri dan secara resmi berdiri di Jakarta pada tahun 2010. CIPG sudah secara intensif aktif dalam riset, konsultasi, dan pembangunan kapasitas.

Kemitraan CIPG dengan KUKPRI MDGs berupa dukungan dalam proses survey kesehatan masyarakat di wilayah penempatan Pencerah Nusantara. CIPG melakukan proses pembuatan kuisioner, penentuan metode survey serta pelatihan terkait etika survey kesehatan masyarakat kepada tim Pencerah Nusantara serta pengolahan data hasil survey.

http://www.cipg.or.id/


Mercy Corps Indonesia Mercy Corps merupakan organisasi bukan pemerintah yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat dalam berbagai hal diantaranya pengurangan kemiskinan, pembangunan infrastruktur dan penyediaan layanan kesehatan. Mercy Corps sudah berjalan di Indonesia sejak 1999. Hingga sekarang dampak Mercy Corps sudah dirasakan oleh lebih dari 1 juta orang di Indonesia melalui program adaptasi iklim, penanggulangan bencana alam, nutrisi dan kesehatan, pengembangan ekonomi dan program yang berorientasi lingkungan. Mercy Corps bermitra dengan KUKPRI MDGs terutama dalam hal penyediaan layanan air bersih dan sanitasi lingkungan yang baik.

Mercy Corps Indonesia bermitra dengan MDGs dalam hal penyediaan layanan air bersih di dua daerah penempatan Pencerah Nusantara yaitu di Karawang dan Ende. Program ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat untuk mengerti pentingnya air bersih dan penyediaan alat filterisasi dan penyulingan air sederhana.

http://www.mercycorps.org/indonesia


Inspirit Innovation Circle Inspirit Innovation Circles adalah sebuah lingkar pembelajaran inovatif untuk mempercepat perubahan sosial menuju tatanan masyarakat yang penuh antusiasme dan berkelanjutan. Kami menyebutnya komunitas kreatif. Inspirit Innovation Circles diberntuk pada 15 Februari 2002 yang beranggotakan para oembaharu sosial yang telah bergerak pada isu lingkungan hidup, hak-hak asasi manusia, pendidikan, kesehatan dan kebudayaan selama dua dekade terakhir.

Inspirit Inncovation Circle percaya komunitas-komunitas yang penuh antusiasme dan kreatif akan mampu menciptakan kehidupan yang lebih baik, pendekatan yang berbasis kekutan, membangkitkan keagungan insani dan imajinasi akan mampu menangkat masa depan yang gemilang.

Inspirit Innovation Circle membantu melengkapai kompetensi para Pencerah Nusantara melalu pelatihan Vibrant Communication Skills yakni sebuah keterampilan komnikasi alami untuk menemukan suara jiwa setiap insani dan pada gilirannya menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Melalui trainig ini pada Pencerah Nusantara dilatih untuk mengembalikan manusia menjadi manusia dengan menemukan cara melihat diri sendiri, orang lain dan situasi sekitarnya. Dengan perubahan cara pandang para Pencerah Nusantara melihat dunia, diharapkan mereka mampu menciptakan dunia yang mereka dambakan.

http://www.inspiritinc.com/ (@vibrantinspirit)


Ford Foundation Indonesia Region Sejak 1953, saat Ford Foundation didirikan di Jakarta, berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia. Juga memperkuat organisasi sipil lokal. Sekarang, di era demokrasi, Ford Foundarion terus mendukung usaha-usaha dari bawah untuk mendapatkan kesempatan dan membangun masyarakat yang lebih inklusif.

Ford Foundation bermitra dengan KUKPRI MDGs untuk mendukung survey kesehatan masyarakat di wilayah penempatan Pencerah Nusantara. Survey kesehatan ini nantinya menjadi landasan untuk melakukan intervensi kesehatan dalam masyarakat.

http://www.fordfoundation.org/regions/indonesia


GE Foundation

http://www.gefoundation.com/


Selamatkan Ibu @selamatkan Ibu adalah suatu gerakan swadaya bertujuan untuk meningkatkan kesehatan Ibu, dan menekan angka kematian ibu melahirkan di Indonesia. Menggunakan social media Twitter sebagai media untuk menyuarakan dan menyebarluaskan informasi, @selamatkanibu dengan aktif mendorong masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam menekan angka kematian Ibu di Indonesia yang masih tinggi. 

Dengan tujuan diatas, @selamatkanibu telah aktif menjadi mitra KUKP-RI MDGs terutama dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan MDGs butir ke-5 yaitu 'meningkatkan kesehatan ibu'.

http://selamatkanibu.org/ @SelamatkanIbu


Second Opinion ID @secondopinionID terdiri dari sekelompok dokter umum yang ingin meningkatkan pengetahuan sejawat dokter pada khususnya dan publik pada umumnya dengan cara memberikan informasi kesehatan berdasarkan Evidence Based Medicine (EBM) dengan memakai sumber sahih dan terbaru.  Dengan menggunakan Twitter, @secondopinionID berupaya mengedukasi masyarakat agar menjadi lebih cerdas dan kritis dalam upaya menyehatkan diri dan lingkungannya.

http://secondopinionid.com/ @SecondOpinionID


Dayakan Indonesia Merupakan gerakan sebagai ruang inspirasi dan kolaborasi publik untuk berbagi dan menghubungkan peluang serta informasi  dalam memberdayakan masyarakat  berpenghasilan rendah dan usaha kecil agar lebih sejahtera, dan mewujudkan Indonesia yang lebih kuat. Melalui twitter, @Dayakan_ID menghubungkan masyarakat berpenghasilan rendah dengan berbagai peluang usaha, membuka akses agar usaha kecil semakin berkembang, memperkuatkomunitas, serta pelayanan informasi kesehatan mumpuni.

http://dayakanindonesia.com/ @Dayakan_ID




Pemerintah Pusat dan Daerah

Untuk pemilihan daerah penempatan Pencerah Nusantara, KUKPRI MDGs bekerja sama dengan Bupati selaku pemegang kekuasaan tertinggi dan Kepala Dinas Kesehatan di daerah. Kedua pemangku kepentingan ini berperan untuk memfasilitasi Pencerah Nusantara bertugas di daerah dan secara aktif terlibat dalam proses pelaksanaan program sesuai kewenangannya.


Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai

http://www.mentawaikab.go.id/


Pemerintah Kabupaten Karawang

http://www.karawangkab.go.id/


Pemerintah Kabupaten Pasuruan

http://www.pasuruankab.go.id/


Pemerintah Kabupaten Ende

http://www.endekab.go.id/


Pemerintah Kabupaten Berau

http://www.beraukab.go.id/


Pemerintah Kabupaten Tolitoli

http://www.tolitolikab.go.id/


Pemerintah Kabupaten Sigi

http://www.sigikab.go.id/


Pemerintah Kabupaten Sambas

http://sambas.go.id/index.php


Pemerintah Kabupaten Keerom

www.keeromkab.go.id


Pemerintah Kabupaten Gayo Lues

http://www.gayolueskab.go.id/


Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur

http://haltimkab.go.id/


Puskesmas Kecamatan Cakung

http://puskesmas-cakung.blogspot.com/