Proses SeleksiĀ Pencerah Nusantara!

Pencerah Nusantara tidak akan dapat menyelesaikan semua persoalan kesehatan bangsa, tapi akan memercikkan semangat
perubahan yang diharapkan dapat menggerakkan bangsa ini untuk bergerak bersama menuju Indonesia sejahtera.

Rekrutment Tahap I Seleksi Pencerah Nusantara terbuka untuk semua generasi muda Indonesia, baik dari latar belakang pendidikan medis maupun diluar medis. Pendaftaran dapat dilakukan dengan membuat akun dan mengisi formulir online di www.pencerahnusantara.org. Dalam formulir online ini ada sejumlah pertanyaan mengenai informasi dasar anda, serta pertanyaan essay. Pertanyaan essay ini guna mengenali semangat, motivasi, dan karakter pendaftar, jadi luangkan waktu yang cukup agar kami dapat memiliki gambaran tentang anda melalui jawaban anda.

Tahap II: Direct Assessment Apabila anda lolos Seleksi Tahap II, maka anda akan diundang untuk mengikuti Seleksi Tahap II. Disini, kami akan mencoba mengenali anda lebih mendalam, melalui serangkaian wawancara dan beberapa tes lainnya, yang akan dilaksanakan selama sehari penuh. Seleksi Tahap II akan melibatkan beberapa mitra dari CISDI, yang akan membantu proses seleksi sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Pengumuman Dari hasil Seleksi Tahap II, kami akan mengumumkan para peserta Seleksi yang lolos menjadi Pencerah Nusantara

Pelatihan Pelatihan Pencerah Nusantara dilakukan secara intensif selama kurang lebih tujuh minggu, dengan modul yang sudah dipersiapkan sedemikan rupa untuk memperkuat kompetensi masing-masing individu dan kelompok. Materi pelatihan meliputi:

  • Kompetensi Medis
  • Kepemimpinan dan Nasionalisme
  • Personal wellbeing
  • Teamwork & Teambuilding
  • Manajemen Puskesmas
  • Kompetensi survei, pengolahan data dan program development
  • Pemberdayaan & Mobilisasi Komunitas
  • Ketrampilan dan Ketahanan Fisik
Pelatihan akan diberikan oleh para ahli di masing-masing bidang, dan Pencerah Nusantara pun akan memiliki kesempatan untuk bertemu tokoh-tokoh inspiratif dari berbagai latar belakang untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan masing-masing. Dalam Pelatihan Pencerah Nusantara pun akan melalui sesi dimana mereka bisa mempraktekkan ilmu yang sudah didapat secara langsung di Puskesmas sekitar lokasi Pelatihan.

Penempatan dan Pengabdian Pencerah Nusantara akan berangkat ke lokasi penugasan yang sudah ditetapkan sebelum Pelatihan, bersama tim. Tim akan tinggal di rumah dinas yang sudah dipersiapkan, untuk melakukan penguatan layanan kesehatan primer untuk masyarakat setempat. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi:
  • Melakukan kegiatan yang bersifat kuratif, promotif, dan preventif
  • Membina hubungan, melaksanakan koordinasi yang selaras dan melakukan advokasi dengan masyarakat, staf puskesmas, pejabat pemerintah daerah dan pusat, mitra (seperti sektor swasta, LSM/NGO, organisasi pemuda, universitas dan lain-lain) untuk memastikan program berjalan secara berkelanjutan dan memiliki dampak jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat.
  • Membantu optimalisasi pelayanan puskesmas melalui pembinaan staf, berbagi ilmu dan keterampilan, dan penguatan sistem manajemen puskesmas.
  • Bekerja secara strategis untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai program intervensi yang berbasis masyarakat dengan model pendekatan yang holistik dan sejalan dengan pencapaian Millennium Development Goals.
Sangat penting bagi setiap tim Pencerah Nusantara untuk memiliki kemampuan mengambil inisiatif dalam merancang program aksinya, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dari masyarakat setempat. Koordinasi dan komunikasi dengan tim pengelola program di Jakarta pun akan rutin dilakukan. Secara umum, fasilitas di setiap lokasi pengbadian akan terbatas, seperti sinyal, listrik, transportasi umum, dan ketersediaan air bersih.

Pasca Pengabdian Setelah mengabdi selama setahun untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa, Pencerah Nusantara akan kembali ke Jakarta untuk melakukan evaluasi dan refleksi bersama tim Pengelola Program. Diharapkan pengalaman mengabdi akan memperkaya pola pikir dan cara pandang, dan mereka dapat meneruskan baktinya di komunitas masing-masing. Pengelola Pencerah Nusantara akan memberikan Surat Masa Bakti dan mendukung penuh apabila memerlukan rekomendasi untuk melanjutkan karir maupun pendidikan ke jenjang lebih lanjut.