Salam Pencerah Nusantara,

Setelah proses yang panjang, mulai dari pembuatan konsep, penjalinan kemitraan dengan berbagai pihak dan proses seleksi awal, akhirnya Pencerah Nusantara saat ini telah mencapai proses seleksi tahap II atau seleksi akhir. 1043 orang generasi muda bangsa telah mendaftarkan dirinya.  Mereka telah menyatakan kesediaannya untuk ikut turun tangan dan terlibat langsung. Pencerah Nusantara adalah program yang digagas, dirancang dan diimplementasikan oleh Kantor Utusan Khusus Presiden RI  untuk Millenium Development Goals (MDGs) sebagai sebuah model aksi bersama berbagai pemangku kepentingan untuk membantu percepatan MDGs, dengan Kesehatan sebagai titik sentral. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa kesejahteraan dan kesehatan bangsa adalah tanggung jawab kita bersama. Dan dengan kolaborasi serta kecerdikan berinovasi, dampak optimal bagi masyarakat merupakan sebuah keniscayaan.

Anak-anak muda Pencerah Nusantara akan ditempatkan selama satu tahun di tempat yang terpencil dengan segala tantangannya untuk melakukan reorientasi dalam pelayanan kesehatan di daerah penempatan masing-masing. Ini bukanlah suatu tugas yang mudah, tapi kami yakin bahwa mereka yang saat ini telah berada di Jakarta untuk menjalani proses seleksi akan mampu menghadapinya, dan akan mampu menjadi agen perubahan bagi masyarakat. Karenanya, dengan bangga saya ucapkan selamat datang pada peserta yang telah berhasil melewati tahapan seleksi awal dan saat ini datang ke Jakarta untuk mengikuti Seleksi Tahap II Pencerah Nusantara. Anda telah membuktikan diri sebagai putra putri terbaik bangsa ini, yang siap memberikan waktu anda demi perjuangan bersama menuju Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera.

Salam hormat saya tujukan pula bagi pendaftar yang tidak berhasil lolos pada seleksi tahap I Pencerah Nusantara. Anda semua pun telah menjadi bagian dari keluarga besar Pencerah Nusantara. Ketertarikan anda untuk turun tangan langsung memperbaiki kesehatan bangsa adalah sesuatu yang luar biasa. Saya harap semangat anda untuk membangun bangsa tidak akan surut karena satu hal ini, melainkan akan terus bertambah dan tumbuh melalui terobosan-terobosan lainnya.

Terakhir, selamat menjalani proses seleksi tahap II dan selamat menikmati pengalaman baru sebagai seorang Pencerah Nusantara.

Jakarta, Juli 2012

Prof. DR. dr. Nila F. Moeloek SpM(K)

Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs