Sebagai bentuk apresiasi Tim Pusat pada para peserta yang telah berhasil lolos Seleksi Tahap I Pencerah Nusantara dan sekarang mengikuti Seleksi Tahap II, diadakan berbagai side events dengan tema yang menarik dan pengisi acara yang ahli dalam bidangnya. Side events pertama dilangsungkan pada hari Sabtu, tanggal 7 Juli 2012 tentang Leadership dengan pembicara Handry Satriago.

Bapak Handry Satriago adalah CEO GE Indonesia pertama yang merupakan "produk lokal". Ia lahir, tumbuh besar dan mengenyam pendidikan hingga S3 di Indonesia. Ia menghabiskan 26 tahun hidupnya di atas kursi roda, namun hal tersebut ternyata tidak menjadikan semangatnya surut untuk terus menjadi yang terbaik.

Bapak Handry memulai sesi sharing kita dengan bercerita tentang pengalamannya pagi itu bersama team GE volunteer di sebuah Panti Werdha di Bandung. "I'm so blessed to become a human because human diciptakan untuk menghargai", ujar Bp. Handry. "I think the basic principle when we talk about leadership is humanity, it's about respecting people.", adalah pernyataan pertama mengenai leadership dari Bp Handry malam itu. Selain itu beliau juga berkata, "Leadership is a relationship." Dua hal ini menurut Bp. Handry adalah hal dasar yang harus terlebih dahulu dimengerti saat kita berbicara tentang leadership.

Diskusi kemudian dilanjutkan dengan topik seputar hubungan antara leader dan followers. "Leadership is no longer about one to many, it's more about one on one, especially to those who are directly reporting to you.", ujar Bp. Handry. Diskusi yang hangat dan menarik kemudian berlanjut hingga pukul 21.30 malam. Berikut adalah beberapa quote dari Bapak Handry mengenai leadership:

"Leadership is perception of followers."

"Kelemahan terbesar leaders saat ini adalah mereka menjauhkan diri dari followersnya, mereka tidak lagi berusaha untuk mendapatkan feedback dari followersnya."

"You need to get closer to your followers, you need to have good listening skill."

"It's leading by heart, no longer leading by power."

"Leaders teach."

"One of the biggest job of leaders is to create good followers."

Sebuah sesi yang sangat inspiratif dan memberi banyak pelajaran bagi para peserta!