Untuk memperkaya wawasan peserta seleksi II Pencerah Nusantara, Tim Pusat Pencerah Nusantara telah mempersiapkan side events mulai dari tanggal 7 Juli 2012 hingga tanggal 10 Juli 2012. Berikut adalah list dari side events yang akan diadakan oleh Tim Pencerah Nusantara:

Leadership, Bp. Handry Satriago - CEO GE Indonesia

Diskusi interaktif bertema leadership oleh Bapak Handry Satriago akan diadakan pada tanggal 7 Juli 2012 pukul 19.00-selesai di aula Wisma Setya Bhakti, Jakarta. Bapak Handry Satriago adalah CEO GE Indonesia pertama yang merupakan "produk lokal" Indonesia. Tidak hanya itu, ia berhasil mencapai puncak karir di GE Indonesia pada usia yang relatif muda yaitu 41 tahun. Beliau adalah pembicara dan motivator ulung, terutama mengenai leadership. Sebagai pribadi, Bapak Handry adalah seseorang yang sangat menginspirasi. Perjalanan hidupnya sebagai seorang survivor kanker yang menjadikannya lumpuh tidak menyurutkan semangatnya untuk menjadi yang terbaik di bidangnya.

Pembiayaan kesehatan di Indonesia, Prof. Hasbullah Thabrany, MD, PhD

Diskusi dengan tema Pembiayaan Kesehatan di Indonesia ini akan diadakan tanggal 8 Juli 2012 pukul 09.00-selesai di aula Wisma Setya Bhakti, Jakarta. Prof. Hasbullah Thabrany,MD, PhD adalah Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, beliau adalah salah satu penggagas RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional. Dalam diskusi ini akan dibahas mengenai sistem pembiayaan kesehatan di Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang. Diskusi ini diharapkan akan meningkatkan wawasan dan pemahaman peserta seleksi tahap II Pencerah Nusantara mengenai sistem kesehatan Indonesia dan sistem pembiayaannya sebagai salah satu persiapan menjadi Pencerah Nusantara.

Community Development, dr. Sophia Hage - Founder @Selamatkanibu

Dokter Sophia Hage adalah salah satu Founder @Selamatkanibu, suatu gerakan untuk membantu menurunkan angka kematian ibu di Indonesia. @Selamatkanibu merupakan salah satu komunitas yang memulai tren edukasi kesehatan melalui social media. Tidak hanya di sosial media, @selamatkanibu juga secara rutin mengadakan kegiatan edukasi offair mengenai kesehatan ibu. Dalam sesi ini dr. Sophia akan berbicara mengenai community development. Tema ini dipilih karena community development akan menjadi salah satu poin utama dalam gerakan Pencerah Nusantara. DiskusiĀ  ini akan diadakan pada hari Senin, tanggal 9 Juli 2012 pukul 18.30-selesai di aula Wisma Setya Bhakti, Jakarta.

Penggunaan Social Media dalam edukasi kesehatan, Didi Nugraha dan Motulz dari Saling Silang, dr. Yusuf Bahasoan dari @SecondopinionID

Saat ini social media menjadi cara termudah untuk menyebarkan informasi, dan dapat menjadi alat yang baik dalam mengedukasi masyarakat. Dalam diskusi ini, kita akan mendiskusikan mengenai penggunaan social media dalam edukasi masyarakat dengan Bp. Didi Nugraha dan Bp. Motulz dari Saling Silang, sebuah sebuah perusahaan di bidang pengembangan teknologi informasi yang berkaitan erat dengan Internet dan media sosial. Selain itu akan hadir pula dr. Yusuf Bahasoan dari @SecondopinionID, komunitas dokter yang melakukan sharing harian mengenai kesehatan melalui social media baik untuk tenaga medis maupun masyarakat umum. Sesi ini diharapkan akan meningkatkan wawasan dan kemampuan peserta seleksi tahap II Pencerah Nusantara untuk melakukan edukasi yang efektif melalui social media. Sesi ini akan diadakan tanggal 10 Juli, pukul 18.30 di Aula Wisma Setya Bhakti, Jakarta.

Seluruh rangkaian side events ini dapat diikuti oleh peserta seleksi tahap II Pencerah Nusantara. Bagi anda yang tidak bisa mengikuti sesisesi diskusi ini, nantikan pembahasannya di website kami.

Mari saling berdiskusi dan menambah wawasan bersama.