Siang ini Seleksi Tahap II Pencerah Nusantara resmi dibuka. Acara dimulai dengan perkenalan masing-masing peserta Seleksi Tahap II PN yang datang dari beragam latar belakang dan tempat domisili. Beberapa telah menjalani PTT sebelumnya, beberapa datang dari ujung Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

  

Bertempat di Aula Wisma Setya Bhakti, Jakarta, rangkaian kegiatan seleksi kemudian dibuka dengan pengarahan oleh Koordinator Program Pencerah Nusantara, Diah S. Saminarsih. Ibu Diah menekankan bahwa Pencerah Nusantara adalah gerakan bersama untuk mengarahkan kembali upaya kesehatan masyarakat di Indonesia. Bahwa, sehat itu bukan berarti "tidak sakit", dan bahwa seorang dokter bukan hanya bertugas mengobati tetapi juga menjaga kondisi yang akan memastikan kesehatan masyarakat tetap terjaga. Ibu Diah juga menekankan pentingnya upaya peningkatan kesehatan untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs). Lima dari delapan tujuan MDGs berkaitan dengan kesehatan, maka jika kita membenahi masalah kesehatan, tujuan-tujuan MDGs yang lain pun akan terbantu pencapaiannya.

Pentingnya peran generasi muda sebagai unjung tombak perubahan menuju sehat dan sejahtera pun menjadi sorotan, "Kedepannya bukan generasi saya lagi yang akan maju mengisi era globalisasi. Kalian lah, anak-anak muda, yang akan melakukannya." ujar Ibu Diah Saminarsih. Selain itu, peran information technology (IT) dalam Pencerah Nusantara juga menjadi salah satu hal yang ditekankan oleh Ibu Diah, "Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs selalu menekankan pentingnya penggunaan IT. Hal ini terlihat dari sistem registrasi online yang diaplikasikan pada program Pencerah Nusantara, dan lebih lagi pada penerapan program nanti. Adanya IT akan memudahkan kita berkomunikasi antar tim, dari daerah ke pusat, ke masyarakat, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan telemedicine."

Mulai dari pengarahan ini, para Pencerah Nusantara akan memulai proses seleksi kompetensi medis dan direct assessment. Tiba saatnya bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya, dan bersiap memberikan yang terbaik bagi bangsa. Tentunya dengan tidak melupakan untuk menikmati pengalaman baru yang akan didapatkan di Jakarta.

Sukses bagi semua!