Sebagian besar tenaga kesehatan muda di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi mendengar program Pencerah Nusantara. Hingga tahun kelima perjalanan Pencerah Nusantara, 198 pemuda-pemudi Indonesia telah turun langsung membawa perubahan di lokasi penempatan yang tersebar di beberapa daerah bermasalah kesehatan (DBK) di Indonesia.

Setelah sebelumnya tiga angkatan pertama ditempatkan di tujuh lokasi, kini PN sedang berkontribusi langsung ke sembilan kabupaten, yaitu Aceh Selatan, Muara Enim, Cirebon, Grobogan, Gunung Mas, Sumbawa Barat, Mamuju Utara, Konawe, dan Sorong selama tiga tahun. Meski demikian belum banyak yang mengetahui bahwa meski setiap angkatan Pencerah Nusantara berfokus pada penguatan layanan kesehatan primer di daerah bermasalah kesehatan, ada perbedaan misi yang diemban oleh setiap angkatan Pencerah Nusantara.

Bersamaan dengan dibukanya pendaftaran Pencerah Nusantara  angkatan 6, saat ini Pencerah Nusantara angkatan 5 tengah berada di puncak kesibukan implementasi program-program yang disusun dengan mengoptimalkan berbagai asesmen awal dan rencana kerja yang diinisiasi oleh Pencerah Nusantara  angkatan 4. Dalam perjuangannya membangun layanan kesehatan primer yang prima, selain berbagai keberhasilan, tentu Pencerah Nusantara angkatan 5 menghadapi banyak tantangan yang dapat diselesaikan maupun yang harus diteruskan oleh angkatan selanjutnya yakni angkatan 6.

Sebagai angkatan terakhir di lokasi penempatan, melalui seleksi ketat dan pelatihan yang lengkap, Pencerah Nusantara angkatan 6 akan disiapkan untuk mengemban misi yang belum terselesaikan maupun menyempurnakan keberhasilan yang telah dicapai oleh angkatan sebelumnya. Termasuk memastikan bahwa keberhasilan program dan inisiatif Pencerah Nusantara angkatan 5 dapat dilanjutkan oleh para pemangku kepentingan terkait di daerah penempatan.

Nah, sekarang kamu sudah memiliki gambaran mengenai perbedaan setiap angkatan di Pencerah Nusantara bukan?

Kalau kamu adalah pemuda Indonesia yang ingin berkontribusi langsung pada pembangunan kesehatan di negeri ini, Pencerah Nusantara mengajak kamu untuk bergabung sebagai Pencerah Nusantara Angkatan 6. Yuk kunjungi www.pencerahnusantara.org sebelum pendaftaran ditutup pada tanggal 1 Desember 2017!