Salah satu tantangan kesehatan yang kerap dibicarakan adalah distribusi tenaga kesehatan yang belum merata. Belakangan ini, ada banyak inisiatif yang bermunculan untuk menjawab kebutuhan tenaga kesehatan. Salah satunya adalah Pencerah Nusantara.

Diinisiasi di tahun 2012, program yang digerakkan oleh anak muda ini sudah melakukan perubahan wajah layanan kesehatan primer di 16 kabupaten di Indonesia. Mereka ditempatkan di puskesmas selama satu tahun untuk membantu memperbaiki manajemen puskesmas, pelaksanaan program dan mengoptimalkan kolaborasi lintas sektor dengan masyarakat, perangkat desa dan kecamatan, tenaga kesehatan lokal, serta pemerintah daerah. Selain itu, mereka juga berfokus menciptakan inovasi untuk menjawab masalah kesehatan sesuai dengan kebutuhan daerah tempat mereka ditugaskan.

Hari ini, 26 anak muda yang tergabung sebagai Pencerah Nusantara angkatan VI secara resmi menyelesaikan penugasan mereka di 8 kabupaten di Indonesia. Daerah penugasan angkatan VI ini meliputi Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Mamuju Utara, dan Kabupaten Konawe.

“Pendekatan dan metode yang dilakukan oleh Pencerah Nusantara merupakan praktik cerdas dari inovasi yang mengoptimalkan modal sosial yang dimiliki daerah intervensi sehingga besar potensinya untuk mendorong keberlanjutan. Pelibatan anak muda di sini juga menjadi faktor yang berkontribusi secara signifikan dalam memunculkan perubahan sosial yang sistemik di mana mereka mendorong advokasi, sosialisasi, edukasi dan replikasi program secara lebih luas di masyarakat,” demikian ujar Egi Abdul Wahid, Direktur Program CISDI.

Sebagai bagian dari refleksi pelaksanaan program, Pencerah Nusantara angkatan VI akan menjalani orientasi paska penugasan pada tanggal 11-12 April 2019 di Graha Wisata Remaja, Taman Mini Indonesia Indah. Selama dua hari, mereka melakukan refleksi terkait pelaksanaan pelatihan Pencerah Nusantara, implementasi program serta mengikuti rangkaian lokakarya terkait karir masa depan.