Jakarta, 25 April 2017 – CISDI secara resmi melantik 50 orang Pencerah Nusantara pada hari Selasa, 25 April 2017. Prosesi pelantikan yang dilaksanakan di Kantor CISDI ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Farid Moeloek, SpM serta mitra-mitra CISDI. Setelah dilantik, ke-50 tenaga kesehatan profesional yang terpilih sebagai Pencerah Nusantara Angkatan 5 akan diberangkatkan menuju daerah penugasan di 9 kabupaten di Indonesia. Sebagai gerakan sosial kepemudaan di bidang kesehatan, Pencerah Nusantara akan berfokus pada penguatan layanan kesehatan primer yang berpusat di puskesmas.

“Lebih dari 3000 pendaftar, CISDI memilih 50 orang sebagai Pencerah Nusantara Angkatan 5, yaitu teman-teman sekalian. Jadikanlah pengabdian kalian selama 1 tahun di penempatan sebagai proses pembelajaran untuk mengenal Indonesia lebih baik lagi. Untuk kembali jatuh cinta pada negeri ini agar kita bisa terus memberi tanpa syarat,” demikian kata sambutan dari Ibu Diah Saminarsih, Pendiri CISDI.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan dari Menteri Kesehatan RI dimana Prof. Nila menyampaikan bahwa Pencerah Nusantara merupakan cikal bakal dari sebuah reformasi sistemik dalam pembangunan kesehatan nasional. “Perubahan sejatinya diinisiasi oleh anak muda. Salah satunya adalah Pencerah Nusantara yang menyediakan ruang bagi anak muda untuk melakukan perubahan di tingkat akar rumput. Jika tidak ada Pencerah Nusantara, maka tidak ada Nusantara Sehat. Oleh karena itu saya ingin menyampaikan terima kasih kepada pemuda-pemudi Indonesia yang telah menyisihkan satu tahun dari masa mudanya untuk berkontribusi pada negeri ini.”

Seremoni pelantikan dilakukan dengan melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih dan penyematan pin Pencerah Nusantara oleh Ibu Diah Saminarsih selaku Pendiri CISDI. Kegiatan dilanjutkan dengan persembahan angkatan dari Pencerah Nusantara Angkatan 5 menampilkan deklamasi puisi serta lagu pilihan yang secara resmi mengakhiri prosesi pelantikan Pencerah Nusantara.

Selamat bertugas, teman-teman Pencerah Nusantara! Semoga teman-teman dapat kembali mencintai negeri ini untuk dapat terus memberi tanpa syarat. 


Oleh: Yeyen Yenuarizki