Jakarta - "Di awal saya bertugas di Mentawai, Puskesmas hanya menjadi bangunan teronggok sebagai gedung tua di sejumlah lokasi di Indonesia.

Pada laporan tengah tahun pengabdiannya di Mentawai itu, Gustin juga menuturkan, mereka berhadapan dengan rendahnya kesadaran kesehatan masyarakat, persoalan infrastruktur serta minimnya fasilitas.

"Kesehatan belum menjadi prioritas masyarakat," kata Gustin.

Pada perjalanannya, Gustin dan timnya yang terdiri dari bidan, perawat, dan pemerhati kesehatan berhasil memperbaiki Puskesmas di sana, melayani 24 jam. Tantangannya, medan yang cukup berat.

Persoalan kesehatan itu juga diungkapakan Utusan Khusus Presiden untuk Millenium Development Goals (MDGs) Prof Dr dr. Nila Moeloek, SpM (K).

"Belum semua masyarakat di Indonesia tersentuh pelayanan kesehatan. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) masih agak sulit diimplementasikan secara nasional.

Padahal, orang tidak memiliki asuransi kesehatan, ketika sakit menunda pengobatan, bisa menjadi semakin parah dan membutuhkan biaya lebih besar.

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, menguatkan temuan bahwa kesehatan bukan prioritas hidup masyarakat Indonesia. Prioritas nomor satu adalah rumah, yang kedua adalah pendidikan untuk masyarakat kota dan di desa, baju anak.

"Kita harus mengedukasi dan menjaga masyarakat agar mereka tidak sakit. Pelayanan kesehatan di Indonesia begitu mendesak dengan populasi masyarakat yang begitu banyak. Kesehatan tidak bisa diselesaikan oleh tenaga kesehatan saja, melainkan lintas sektor seperti budaya, sosial, dan infrastruktur," kata Nila.

Pencerah Nusantara merupakan gerakan sosial berbasis kesehatan dan kemitraan lintas sektor, diinisiasi Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs, menjadi salah satu terobosan dalam usaha mencapai target MDGs.

Pencerah Nusantara angkatan kedua melakukan pengabdian selama setahun di tujuh lokasi di pelosok Indonesia antara lain Mentawai, Karawang, Tosari, Berau, Lindu, Ogotua, dan Ende. (IZN - pdpersi.co.id)

Sumber : http://www.pdpersi.co.id/content/news.php?mid=4&catid=23&nid=1552