Merdeka! 

17 Agustus selalu kita peringati sebagai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Di tahun ini genap 71 tahun Indonesia merdeka, namun sudahkah kita benar-benar merdeka? 

Tahun ini merupakan momen peringatan HUT RI yang spesial bagi kami Pencerah Nusantara angkatan 4 yang sedang bertugas di 9 lokasi penempatan yang tersebar di seantero nusantara. Seluruh rangkaian kegiatan menjadi sangat bermakna bukan hanya karena apa, tapi dengan siapa dan di mana. 

Bagi kami berlima, Pencerah Nusantara Onembute Konawe, memperingati HUT RI di wilayah yang terpencil dan sangat terpencil bersama dengan seluruh kerabat puskesmas dan masyarakat terasa lebih menyentuh dan membuat hati kami gerimis saat pengibaran bendera diiringi menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bersama-sama dengan seluruh pemerintah kecamatan, pemerintah desa, UPTD dan siswa-siswi dari seluruh jenjang sekolah, kami berkumpul di lapangan Kantor Kecamatan Onembute. 

Serangkaian agenda persiapan dan perayaan HUT RI digelar sejak pertengahan bulan Juli 2016. Persiapan dimulai dengan rapat koordinasi pembentukan panitia, perundingan nominal dana yang akan disetor dari setiap UPTD dan unit sekolah, kemudian dilanjutkan dengan dengar pendapat mengenai mata acara perlombaan yang akan dilaksanakan. Pada rapat tersebut, PN konawe berkesempatan hadir bersama dengan Pak Musa (Kepala TU UPTD Puskesmas Onembute).

Dalam rapat tersebut, PN atas nama puskesmas mengusulkan adanya inovasi untuk mata acara lomba di peringatan tahun ini, yakni diselenggarakannya Lomba Fashion Show Ibu Hamil dan Lomba Balita Sehat Ceria tingkat Kecamatan Onembute. Mau tahu bagaimana serunya pelaksanaan lombanya? Jangan kemana-mana, lanjutkan membaca ya gaes... 

5 Agustus 2016. 

Tanggal ini menandai dibukanya serangkaian kegiatan peringatan HUT RI di kecamatan Onembute. Bersama dengan seluruh staf Puskesmas, tim Pencerah Nusantara mengikuti  jalan santai beregu, dan riuh bergabung dalam pawai yang diikuti oleh perwakilan masyarakat dari seluruh desa di Onembute, UPTD dan juga unit sekolah.

Pawai (atau yang tenar disebut dengan istilah devile) dimulai dari SMP N 1 Onembute dan berakhir di Kantor Kecamatan Onembute. Setelah seluruh kontingen memasuki lapangan kecamatan, dimulailah upacara pembukaan Peringatan HUT RI ke-71 Kecamatan Onembute, Konawe, Sulawesi Tenggara. 

6 Agustus 2016

Keesokan harinya, dimulailah pertandingan untuk seluruh cabang lomba olahraga, yang terdiri dari sepak bola, voli, sepak takraw, tarik tambang, dan juga bola gotong. Bagi kami, permainan bola gotong merupakan satu-satunya cabang lomba yang baru kali ini kami tahu dan lihat cara bermainnya, ternyata seruuu banget. PN Konawe ikut serta menjadi kontingen puskesmas dalam cabang lomba voli putera, voli puteri, dan tarik tambang. Daaaan jeng jeeeng Puskesmas Onembute berhasil mendapatkan Juara III untuk cabang lomba Bola Gotong.

17 Agustus 2016 

Mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan khidmat dan penuh syukur, tim Pencerah Nusantara beruntung karena dapat melewatkan 17 Agustus dengan nuansa yang berbeda. Ternyata kemerdekaan itu tak berjarak. Merah putih tetap berkibar dengan gagahnya di satu sudut negeri ini, tak peduli berapa ratus atau berapa ribu kilometer jauhnya Onembute dari ibukota negara. 

Selepas upacara, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Lomba Fashion Show Ibu Hamil dan Lomba Balita Sehat Ceria se-Kecamatan Onembute. Sebagai kecamatan yang selalu menjadi icon dan teladan bagi kecamatan yang lain di kabupaten Konawe, Onembute memiliki peran untuk selalu menjadi yang terdepan dalam berbagai inovasi dalam bidang kesehatan. 

Masa-masa kehamilan merupakan momen yang sangat penting bagi setiap ibu. Selama masa kehamilan setiap ibu dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan fisik dan emosi sehingga diperlukan motivasi dari seluruh anggota keluarga dan masyarakat agar ibu dapat menjalani masa penyesuaian dirinya dengan baik. Penyelenggaraan lomba Fashion Show Ibu Hamil ini merupakan salah satu bentuk fasilitasi bagi para ibu hamil dari setiap desa di kecamatan Onembute untuk menunjukkan pada dunia bahwa hamil tidak kemudian menjadikan dirinya tidak percaya diri, tidak “cantik dan menarik”, atau terbatas aktivitasnya.  

Di tahun 2030 mendatang, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yang mana pada tahun-tahun tersebut jumlah sumber daya manusia Indonesia mayoritas berusia produktif. Balita yang sehat akan tumbuh menjadi pemuda yang sehat dan berkualitas tinggi, merekalah yang akan menyukseskan pembangunan Indonesia di masa 20 tahun yang akan datang. Mereka tidak akan menjadi generasi terbaik di masa keemasan Indonesia nantinya jika mereka tidak diperhatikan kondisi gizinya sejak dini. Maka melalui Lomba Balita Sehat Ceria inilah kami akan membantu menyukseskan program nasional dalam memantau status gizi, tumbuh-kembang balita dan memotivasi seluruh ibu-ibu yang memiliki balita untuk rutin memeriksakan balitanya ke posyandu setiap bulannya demi mempersiapkan generasi emas terbaik Indonesia di masa mendatang. 

18 Agustus 2016 

Tibalah saatnya pada Malam Apresiasi dan Penutupan Peringatan HUT RI ke-71 Kecamatan Onembute. Pada malam ini diumumkan seluruh pemenang dari setiap cabang lomba, disertai dengan penyerahan piala tetap dan piala bergilir bagi sang Juara Umum tahun 2016. Malam apresiasi ini ditutup dengan acara menari Lulo berhadiah. PN bersama dengan staf puskesmas yang hadir turut serta dalam menari Lulo bersama-sama dengan masyarakat dan para pemangku kebijakan di Onembute, Konawe. 

Bagi kami, perayaan 17 Agustus tidak hanya sekedar selebrasi dan semangat untuk mengikuti perlombaan dengan sukacita dan sportivitas. Lebih dari itu, perayaan momentum ini adalah wujud syukur karena sebagai generasi muda, kami berkesempatan untuk mengisi kemerdekaan negeri ini dengan berkontribusi dalam pembangunan bidang kesehatan di wilayah sangat terpencil di nusantara. Kami hadir di sini untuk membantu menjadi kaki bagi visi misi kemerdekaan yang sesungguhnya. Kami ingin menjadikan kemerdekaan ini tak lagi berjarak dengan wilayah terpencil dan sangat terpencil sekalipun. 

Dirgahayu Indonesia, dirgahayu negeriku tercinta! 


Penulis : Ns. Istiqomah NK  (Pencerah Nusantara Angkatan 4, Puskesmas Onembute, Kabupaten Konawe)