Bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Pencerah Nusantara mengadakan seleksi kompetensi medis yang terdiri dari tes di bidang Ilmu Kedokteran Komunitas, Obstetri dan Ginekologi dan Ilmu Kesehatan Anak. Seleksi ini akan berlangsung pada tanggal 6-12 Juli 2012. Seleksi hari pertama adalah mengenai Ilmu Kedokteran Komunitas dan diadakan di Departemen IKK FKUI tanggal 6 Juli 2012 pukul 08.00 pagi.

Ilmu Kedokteran komunitas dipilih sebagai salah satu materi yang diujikan karena merupakan bekal yang akan sangat diperlukan saat Pencerah Nusantara ditempatkan di daerah nantinya. Seorang Pencerah Nusantara harus dapat memberikan solusi yang memberi dampak pada komunitas, bukan hanya pada orang per orang. Di cabang ilmu ini, materi yang akan diujikan pada para peserta seleksi kompetensi medis adalah materi yang berhubungan dengan diagnosis komunitas, pemberdayaan masyarakat dan evaluasi program. Selain itu para peserta seleksi juga akan diminta untuk menyelesaikan sebuah studi kasus.

Esok, ujian mengenai Ilmu Kedokteran Komunitas yang harus dilalui para peserta seleksi kompetensi medis Pencerah Nusantara akan berlanjut dengan OSCE yang melingkupi keterampilan yang berhubungan dengan Ilmu Kedokteran Komunitas.

Selamat menjalani seleksi dan semoga sukses bagi seluruh peserta seleksi!