Setelah menjalani seleksi di departemen Ilmu Kedokteran Komunitas selama 2 hari, di hari ketiga seleksi kompetensi medis para peserta dihadapkan dengan ujian dari Obstetri dan Ginekologi. Seleksi kali ini diadakan di Dept. Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSCM, bertempat di Public Wing lantai 2.

Seleksi kali ini memiliki tantangan yang berbeda karena diadakan sebagai OSCE (Objective Structured Clinical Examination), di mana peserta seleksi diuji keterampilannya dalam melakukan penatalaksanaan pada kasus-kasus obstetri dan ginekologi. Ujian terdiri dari 11 pos yang mengujikan hal-hal berbeda. Mulai dari keterampilan membantu kelahiran normal, membantu persalinan dengan penyulit, tatalaksana keguguran hingga wawancara.

Pada akhir seleksi dilakukan pemberian feedback bagi para peserta dan foto bersama dengan para konsulen dept. Obstetri dan Ginekologi FKUI/RSCM.

Siang harinya, para peserta seleksi kompetensi medis dan para peserta seleksi tahap 2 yang baru saja selesai menjalani Direct Assessment diundang ke Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs untuk jamuan makan siang bersama dengan Prof. DR. Dr. Nila Moeloek, SpM(K) sebagai Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs. Acara makan siang dilanjutkan dengan pemaparan mengenai situasi pencapaian MDGs Indonesia dan tantanganya oleh Prof. DR. Dr. Nila Moeloek, SpM(K) dan sesi tanya jawab.