Seleksi kompetensi medis Pencerah Nusantara memasuki hari kedua di hari minggu, tanggal 7 Juli 2012. Seleksi hari kedua ini masih berputar sekitar Ilmu Kedokteran Komunitas. Pagi hari peserta disambut oleh Ketua Modul Seleksi Medis Pencerah Nusantara, dr. Setyawati Budiningsih, MPH, dengan penjelasan mengenai sejarah dokter di Indonesia. "Kita perlu tahu asal muasal kita menjadi dokter. History is important.", ujar dr. Setyawati."Dokter sedari dulu sudah melakukan ANC, kunjungan rumah, dll. Itu bukan hal baru, tapi mungkin semangat yang sekarang berkurang.", lanjut dr. Setyawati lagi.

Setelah penjelasan singkat tersebut, seleksi medis dilanjutkan dengan OSCE mengenai Penyuluhan dan konseling. Dua keterampilan yang nantinya akan sangat diperlukan oleh para Pencerah Nusantara ketika bertugas di daerah penempatan. Setelahnya, para peserta seleksi kompetensi medis Pencerah Nusantara juga menjalani ujian tulis . Rangkaian ujian IKK kemudian ditutup dengan foto bersama di depan dept. IKK FKUI.

Selanjutnya para peserta Seleksi Kompetensi Medis Pencerah Nusantara berwisata ke daerah Kota Tua Jakarta, di mana sedang diadakan Batavia Art Festival. 

Malam ini, hari kedua Seleksi Kompetensi Medis Pencerah Nusantara akan ditutup dengan agenda side events pertama bertema Leadership yang diisi oleh Bp. Handry Satriago, CEO GE Indonesia. Nantikan liputannya di website ini.