Teman-teman Pencerah Nusantara yang baik,

Sungguh tidak terasa setahun sudah digenapkan dan dua musim sudah dijalankan. Tidak ada kata yang cukup untuk kami ungkapkan kepada teman-teman. Kami sangat bangga dan mengapresiasi penuh apa yang sudah teman-teman kontribusikan selama setahun ini.

Ada banyak cerita yang sudah teman-teman kisahkan selama di penempatan. Ada banyak tawa, canda, dan pula sedih lara. Semua itu  pastinya menjadi bekal dalam perjalanan teman-teman berikutnya. Tidak akan ada yang bisa mengubah dan menghapus bahwasanya teman-teman telah menjadi bagian dari suatu perubahan di Indonesia. Setidaknya untuk orang-orang yang telah menjadi keluarga bagi teman-teman selama setahun. Untuk para orang tua, ibu-ibu, bapak-bapak, pemuda, dan anak-anak yang sudah bergaul dan melengkapi setiap bagian di cerita teman-teman selama setahun. 

Dalam hitungan jam teman-teman akan meninggalkan mereka, meninggalkan semua jejak yang tidak akan habis dimakan bilangan waktu. Namun,  perjuangan tidaklah berakhir sampai disini. Dimana pun nantinya teman-teman berada selalu ingatlah wajah mereka yang mengantar teman-teman di ujung pelabuhan, di pinggir sungai, di batas dermaga, dan di tikungan jalan. Mereka bukan merasa kehilangan teman-teman tapi sejatinya mereka sungguh merasa kehadiran teman-teman selama setahun yang sudah mau berbagi bagian dengan mereka. Berbagi bagian dalam makanan, bagian dalam cerita di malam hari, bagian dalam masalah di akhir bulan, bagian ketika sakit, bagian senang ketika sembuh, bagian bimbang dalam memilih, hingga bagian berkeluh kesah tentang berbagai hal. Sungguh mereka merasakan satu tahun teman-teman sudah melengkapi bagian-bagian tersebut dan sedihnya karena bagian-bagian bersama teman-teman harus berhenti sampai di sini. 

Ada banyak bekal yang teman-teman bawa pulang. Ada yang membekali hasil panennya, ada yang membekali dengan doa-doa keberhasilan di hari depan teman-teman, ada juga yang membekali foto-foto terakhir bersama. Semua itu semoga bisa menjadi titik yang menghubungkan garis dan membentuk ruang di hati mereka dan teman-teman semua. 

Sekali lagi kami mengucapkan rasa bangga serta terimakasih kepada teman-teman. Satu tahun berlalu hanyalah masalah waktu namun berbagi sejatinya tidak mengenal batas. Selalu berbagi selalu mencerahkan…=)