Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan program Pencerah Nusantara. Program pengabdian satu tahun yang bertujuan untuk mewujudkan paradigma sehat di wilayah kerja puskesmas ini sedang membuka pendaftaran untuk Pencerah Nusantara angkatan 6. Tiap tahunnya, Pencerah Nusantara hanya menerima kurang lebih 50-an orang, sedangkan ribuan orang berharap dapat bergabung dalam program ini. Lalu, bagaimana cara agar kamu menjadi salah satunya? Yuk, baca baik-baik syarat yang harus kamu penuhi agar kamu dapat lolos seleksinya.

1.   Lulusan D3/D4/S1 jurusan apa saja dengan IPK lebih dari 3,0

Pencerah Nusantara terbuka untuk seluruh pemuda lulusan D3/D4/S1 dengan latar belakang pendidikan apapun, dengan syarat IPK tidak kurang dari 3,0 dan maksimal lulus kuliah 5 tahun lalu. Apabila kamu  berprofesi sebagai dokter, dokter gigi, perawat, bidan, dan tenaga kesehatan masyarakat, maka kamu bisa menjadi Pencerah Nusantara sebagai tenaga kesehatan dengan syarat: memiliki STR atau sedang mengurus STR, yang dapat ditunjukkan kepada panitia pendaftaran hingga sebelum tanggal keberangkatan.

Jika kamu dari jurusan lain, kamu juga tetap bisa mendaftar sebagai pemerhati kesehatan dengan syarat IPK lebih dari 3,0. Namun, untuk pemerhati kesehatan jumlahnya akan disesuaikan dengan kebutuhan di setiap penempatan. Job description kamu pun akan disesuaikan dengan keahlian dan ilmu yang sudah kamu pelajari semasa kuliah.

2.   Usia kurang dari 30 tahun  dan belum menikah

Pencerah Nusantara adalah usiamu tidak lebih dari 30 tahun dan belum menikah. Berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2009, pemuda adalah mereka yang berusia 16 hingga 30 tahun. Pencerah Nusantara fokus mencari tenaga kesehatan muda, jadi usia pendaftar pun menjadi persayaratan khusus dari tim pengelola.

3.   Berjiwa pemimpin dan memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi

Kemampuan memimpin dan komunikasi yang baik menjadi salah satu syarat penting di Pencerah Nusantara. Selama 1 tahun ditempatkan di Daerah Bermasalah Kesehatan yang lokasinya di kawasan terpencil dan sub-urban di Indonesia, tim Pencerah Nusantara akan menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan dan permasalahan di lapangan ini lah yang akan menguji kepemimpinan dan keterampilan komunikasi yang kamu miliki. Terlebih lagi, kamu harus bekerjasama dengan empat hingga lima orang anggota tim yang memiliki latar belakang berbeda. Di samping itu, kamu juga dituntut untuk dapat mempererat kerjasama lintas sektordan masyarakat yang karakternya pun tak sama. Selain itu, kamu juga memiliki tugas untuk menjalankan advokasi program atau kebijakan kepada pemerintah daerah, sehingga keterampilan dalam komunikasi dan advokasi berperan penting dalam kesuksesan program yang dijalankan.

4.   Peka dan peduli terhadap pembangunan kesehatan di Indonesia

Sebagai gerakan yang memiliki tujuan untuk mengubah paradigma masyarakat mengenai kesehatan, syarat utama yang harus kamu penuhi adalah kamu harus peka dan peduli terhadap situasi dan kondisi pembangunan kesehatan di Indonesia, sehingga kehadiranmu nanti sebagai Pencerah Nusantara dapat memberikan perubahan yang berkelanjutan. Tugas Pencerah Nusantara bukan hanya mendekatkan akses dan fasilitas layanan kesehatan primer kepada masyarakat, tetapi juga memberdayakan masyarakat supaya mereka dapat terus mempraktikkan pola hidup sehat meskipun Pencerah Nusantara sudah tidak bertugas lagi di daerah penempatan

5.   Bersedia ditempatkan di mana pun

Mungkin saat ini kamu tinggal di lokasi yang terjangkau dari kota, dan wilayah yang akses layanan kesehatan primernya sudah dekuat. Namun, di Indonesia masih banyak daerah yang membutuhkan tenagamu untuk memperbaiki sistem dan layanan kesehatan. Sayangnya, mayoritas daerah yang masih membutuhkan dukungan untuk mewujudkan pembangunan kesehatan berlokasi di daerah terpencil, sub-urban dan tidak jarang memiliki keterbatasan akses infrastruktur dan telekomunikasi. Pencerah Nusantara memprioritaskan teman-teman yang memiliki fleksibilitas tinggi terkait lokasi penempatan. Sebelum mendaftar sebagai Pencerah Nusantara, pastikan kamu memiliki fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi yang kuat agar pengalaman dan petualanganmu sebagai seorang Pencerah bisa maksimal di daerah penempatan.

Nah, sudah kah kamu penuhi persyaratannya? Pastikan lima hal ini sudah ada dalamdiri kamu, ya! Apabila kamu sudah merasa layak menjadi bagian dari Pencerah Nusantara, segera daftarkan diri kamu sekarang sebelum pendaftaran ditutup pada tanggal 1 Desember 2017. 

Kunjungi website pencerahnusantara.org/apply  untuk mendaftar.

 Pencerah Nusantara tidak akan dapat menyelesaikan semua persoalan kesehatan bangsa. Bersama, kita bisa percikkan semangat perubahan yang diharapkan dapat menggerakkan bangsa ini untuk bersama menuju Indonesia sejahtera.